Saturday, September 01, 2007

Yamaha Mio Soul

Yamaha akan mengeluarin Yamaha Mio Soul.
Sebelumnya pasar banyak menunggu dan berharap bahwa New Mio bakalan mengusung engine baru..!! Walau di Thailand sendiri tetep aza.. menggunakan engine lama..!!! Para kompetitornya… terutama honda.. pelan-pelan sudah mulai menjailin pasar skutik.. yang semula sangat didominasi Yamaha..!!! Belum lagi suzuki spin… yang mencoba memposisikan skutik tercepat.. dan juga Kymco Free LX.. mencoba memberikan value lebih dibandingkan harganya…!!! Dan Yamaha kudu merespons itu… ya ngeluarin mio soul..!!! Pertanyaannya adalah apakah response tersebut tepat?
Berdasarkan data… pembeli mio itu lebih dari 50% adalah laki-laki…!!! Yamaha yang sebelumnya mengeluarkan mio untuk cewek.. mencoba memposisikan… product baru yang lebih mengarah ke konsumen laki-laki… !!! Padahal kalau 50% pengguna adalah laki-laki.. dan laki-laki itu rasional.. maka mio yang semula dianggap untuk cewek… ternyata nggak masalah tuh.. bagi cowok..!!! Jadi kalau mau …ngejar pasar cowok… kudu memahami ..apa sih yang diinginkan … cowok terhadap skutik…!!!
Perubahan yang agak mendingan terletak pada kapasitas tangki bensin yang lebih besar.. dari 3.1 liters menjadi 4.1 liters… Panel indikator berubah… body agak gambot dikit… kunci model ’super key shutter’ … lampu belakang yang agak berbeda… menurut gue… nggak banyak menambah value… apalagi harganya akan lebih mahal.. dan jika terlalu mahal.. dan valuenya nggak signifikan… yamaha bakalan… lewaaaatt… (off course in the long run..)…

Yamaha keliatannya all-out dengan launching nya ‘Yamaha Soul’… Ibarat jabang bayi yang mau ngebrojol… Doktor Kandungan, Rumah Sakit Bersalin, perlengkapan bayi, nama sang jabang bayi, syukuran bahkan sekolahnya pun.. sudah diberesin semua…!!! Sadar bahwa Mio Soul… diperuntukkan untuk kaum laki-laki.. dan esensi nya adalah ‘ganti casing’ (yah ada lah perubahan yang nggak signifikan..), marketing, sosialisasi, dan advertising … telah disiapkan dengan cukup sempurna…!!! Diantaranya adalah dengan mempersiapkan program ‘Free Your Soul’…!!!


Yamaha Mio Soul
Pada event ‘Free Your Soul’ yang akan dilakukan adalah contest band (dikemas dalam Soul Band) dan contest modifikasi motor Mio Soul (dikemas dalam Soul Wheel)…!!! Dan lihatlah… target nya pun di 10 kota besar… dan kota-kota itu termasuk potensial / basis konsumen skutik…!!! So.. menurut gue sih… management Yamaha cukup smart.. bahkan very smart.. Pada artikel sebelumnya.. gue analisa.. kudu memasukkan unsur accessories.. jika mau nerapin strategy ‘ganti casing’… dan jawabannya pun kontest modifikasi… kontes modifikasi …pasti sarat dengan accesories.. ntah mau dibikin chrome.. suara moge.. ganti jok.. cat kinclong.. etc… so like Sun Tzu.. tahu diri sendiri.. kenali lawan.. perbaiki dulu diri sendiri.. baru fight… !!!

2 comments:

muhidin said...

bagaimana cara memanjangkan body mio soul yg saya miliki?

Admin said...
This comment has been removed by the author.